2 Jun 2013

Laron..Oh Laron

Belakangan ini gue lebih sering baca – baca tentang dunia hewan. Ini semua gue lakuin bukan semata – mata karena gue anak Biologi. Cuma karena gue nggak punya bahan untuk ditulis aja mungkin. Tapi seru juga sih bisa tahu perilaku aneh di dunia perhewanan. Gue jadi tahu kalau Belalang sembah yang cowok itu bakalan mati setelah melakukan perkawinan sama belalang sembah betina. Gue juga  jadi tahu kalau kelelawar adalah satu – satunya hewan mamalia yang bisa terbang.
Gue jadi tahu, cewek bakalan marah kalau pantatnya dicolek. IYA, GUE BARU TAHU ! 




Salah satu hal yang baru gue tahu adalah tentang laron. Ternyata  ada fakta unik tentang laron. Laron yang sering kita temui di rumah atau pun di jalanan ini ternyata metamorphosis dari sebuah rayap. Udah pada tahu yah? BAGUS !


Selama kaum laron menjadi rayap, mereka nggak punya sayap. Mereka masih satu keluarga sama semut, ini semua karena mereka adalah hewan social yang hidup secara berkoloni. Untuk bertahan hidup rayap – rayap ini memakan kayu, baik yang sudah lapuk maupun kerangka rumah. Terkadang,  kalau mereka lagi kumat bisa – bisa mereka makan hati, makan BH sama makan kolor. INI RAYAP ATAU SUMANTO COBA ?


Di awal musim penghujan, Laron - laron dewasa akan memiliki sayap. Mereka berbondong-bondong keluar dari sarang beterbangan dengan sayap baru  menuju cahaya. Sementara Laron yang masih anak - anak  belajar  mencicipi pahit manisnya kehidupan luar dengan cara berjudi, mabok – mabokkan dan pulang subuh. 


Dari sebuah perjalanan panjang itu hal terakhir yang mereka tuju adalah cahaya. Mereka akan berkumpul di sekitar cahaya untuk mencari pasangan yang kemudian akan membentuk koloni rayap baru. Sang betina yang terpilih akan menjadi ratu di dalam koloni yang baru itu nantinya. Dan Laron yang tidak menemukan pasangan, akan mati keesokan harinya. Gue yakin, Laron - laron yang jelek bakalan depresi banget kalo ada rayap ganteng di sekitarnya.
 

Dari semua ini gue jadi belajar tentang sebuah perjuangan yang sederhana. Gue jadi ingat quotes dari  Martin Luther “Jika seseorang belum menemukan sesuatu untuk diperjuangkan hingga akhir hayatnya, maka kehidupannya tidak berharga” mungkin itulah yang sedang diperjuangankan oleh Si Laron. Walaupun dia tahu bakalan mati kalo nggak dapat pasangan,  tapi dia punya sesuatu untuk diperjuangkan sampai akhir hayatnya. Macho lu, Ron !
 

Cinta itu emang kampret sekampret – kampretnya. Bahkan untuk seekor laron pun cara cinta bekerja itu menakjubkan.
 

Kekaguman gue sama rayap tidak kalah sama ke kaguman gue sama nyamuk. Nanti gue bakalan bahas tentang nyamuk aahhhh..

Gue juga kagum sama perjuangan nyamuk dalam bertahan hidup. Bayangin aja, dalam sekali makan aja nyamuk harus mempertahankan nyawanya. Bahkan, banyak dari kaum nyamuk yang mati secara konyol di tangan kita. 


Terkadang gue sirik sama kegigihan hewan – hewan ini. Gue sebagai manusia lebih gampang nyerah dan cepat mengeluh. Apalagi pada saat gue berada di titik kejenuhan, gue gampang banget ngeluh.  Padahal dari segi kemampuan gue lebih unggul dari rayap maupun nyamuk. Apalagi dari segi kegantengan. 


Terkadang gue mikir, di luar sana, ada nggak sih orang yang sedang merasakan hal yang sama dengan apa yang gue rasain. Gue gak pernah ngerti sama diri gue sendiri kenapa terkadang sebuah hal yang (kayaknya) kecil bisa begitu jadi besar buat gue. gue jadi gampang kecewa, marah dan putus asa.


Tapi dari laron dan nyamuk juga gue sadar, kalau selama ini gue terlalu sering ngeluh dan cepat putus asa. Gue punya kemampuan, gue punya bakat yang harus diasa. Gue punya sahabat yang selalu ada buat gue. Gue punya keluarga yang sudah berharap banyak dari gue. 

Dan tentunya... gue punya mimpi.
Mimpi yang sampai saat ini selalu membuat gue bahagia untuk lelah dan tersenyum saat terjatuh. Mimpi – mimpi yang sampai saat ini hanya mengapung di atas kepala. Tentang sebuah rencana besar yang selalu membangunkan gue dari tidur semalaman. Dan mimpi – mimpi itu akan selalu gue tunggu untuk menjadi nyata, seperti teh manis yang akan gue minum setiap pagi sebelum melalui hari – hari yang melelahkan.




35 komentar:

  1. Pas udah jadi laron, mereka beterbangan menuju cahaya. Sayangnya banyak dari mereka yang ditangkepin anak-anak kecil dan berakhir di dalam kaleng atau botol Aqua...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gue juga sering ngumpulin Laron buat mancing :)

      Hapus
  2. jadi bisa belajar dong dari laron.. postingannya bagus banget nihh nambah lagi ilmuku hoho

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, banyak prilaku sederhana yang bisa kita ambil dari hewan seperti Laron :)

      Hapus
  3. dari binatang yang kecil2 pun kita bisa belajar banyak..
    dan sebenarnya pelajaran itu ada dimana-mana...disekitar kita..
    kadang kita merasa seolah diri kitalah yang paling menderita..paling banyak masalah..
    padahal orang lain mungkin mempunyai masalah yang jauh lebih besar daripada masalah kita..

    semoga mimpi2nya tercapai sehingga bisa membahagiakan orang2 yg disayangi... :)

    BalasHapus
  4. Anjrit geli banget baca cari laron muda menikmati manis-pait kehidupannya.. pake mabok2an + Pulangn subuh, abis mangkal kali ya wakakakaka...

    Tapi walopun dibalut dengan lelucon pesan tersiratnya tetep dapet nih! #ThumbsUp :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seperti lagu Ada band, Karna Laron ingin dimengerti :D

      Hapus
  5. Kita harusnya banyak belajar dari laron.

    Gue juga sering banget ngeluh gan, bahkann hal yang bisa dibilang remeh sekalipun.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kita harus sering nyontoh "perilaku binatang" buat referensi menjalani hubungan kita *LHA?"

      Hapus
  6. gue kadang bingung kenapa banyang orang yang kalo marah sering banget bilang Bin*t*ng, padahal kalo kita pikir hewan itu gak buruk-buruk banget kadang mereka punya sesuatu yang lebih pinter dari manusia .___.
    Hidup laron! #eh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kadang gue juga tanpa sadar suka ngomong gitu kalo bener - bener marah sama orang :)

      Buat partai Laron yuk :D

      Hapus
  7. Jadi setelah ini lo bakal ikhlas donorin darah lo sama nyamuk ?
    Betul ini, orang sekarang kena masalah dikit langsung ngeluh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang lo yakin ada nyamuk yg sudih ngisep darah gue?

      Hapus
  8. wah laron itu kan datengnya waktu hujan kan ? kenapa nggak ditangkep trus dimakan aja ?

    BalasHapus
  9. Percaya gak? Bokap gue paling seneng bgt kalo ada laron pas malem2 apalagi di terangan lampu.

    Bokap gue selalu nangkep laron terus dibikin peyek. Dan gue jg makan.
    Bukan bukan ! Gue bukan sumanto! Tapi gue sodaranya aja. Mhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. serius nih ?
      Waaahh bisa dijadiin ide bisnis nih :D

      Hapus
  10. Ckckck, Lo tuh cocok jadi seorang filosofis. Perumpamaan lo tentang laron tuh keren! Jokes nya juga pas, asik!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah jangan dipercaya deh. Gue cuma sok tahu doang, nanti sesat loh dipercaya :D

      Hapus
  11. eh gue baru tau lo laron itu hasil metamorposis dari rayap...heuheuehu

    gue heran nih sama serangga2 gini, keluarganya banyak banget. saudaraan sama semut lah, sepupuan sama rayap lah, hahaha

    BalasHapus
  12. laron sama kaga sama semut bang sifat sama karakternya? makin banyak ajah yg bagi2 ilmu jadi tau gue ,oooohhhh gitu ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita tanya Galileo..hehe
      seperti ulat dan kupu- kupu, demikian juga laron dan rayap. Mungkin begitulah :D

      Hapus
  13. dan..... aku baru tau kalo laaron itu bentuk sebelumnya rayap sumpe dehhhh
    wohoo mantap masbro filosofinyaa, besok besok bisa adu argumen nih sama dosen ilmu filsafat aku heheheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waaah, boleh tuh dicoba. Siapa tahu kamu langsung dikeluarin dari kelas :D

      Hapus
  14. keren dah bisa belajar banyak dari hewan, hihihi ternyata disekeliling kita emang banyak sumber ilmu, hehehe btw hari gini masih ingat aja sama sumanto, wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngelupain sumanto itu kaya ngelupain kamu. Sama - sama susah :D

      Hapus
  15. errrr...aku baru tahu kalo laron itu dari rayap -_______-
    ah, tapi bener soal nyamuk..dia harus mempertaruhkan nyawanya hanya demi sehisab darahs aj..kasian..kalo gitu waktu nyamuk gigik kita biarin aja, toh cma setetes paling banyak kan..@.@

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba aja biar ramai biar gaduh sampai mengaduh :D

      Hapus
  16. Wahh salut sama laron.. soal nyamuk wah sama dong kyk lebah.. sat lebah menyengat atau hilang sengatnya, mereka akan cepat wassalam..

    BalasHapus
  17. haduuh
    baru tau laron itu metamorfosis rayap
    dan baru tau klo mereka itu ke lampu2 itu buat cari pasangan
    sering gk suka klo ada laron langsung matiin lampu!
    hahahaa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah loh. Perusak hubungan orang itu namanya :)

      Hapus
  18. Follow aku dong teman - teman semua :D

    BalasHapus

Mau komentar?
Boleh.. boleh.. boleh !