27 Mei 2013

Crayon Warna Kuning

Kemarin, pada saat semua orang lagi fokus – fokusnya ngerjain tugas mengambar sel hewan tiba – tiba teman sekelas gue, si Tari, dengan paniknya tiba - tiba dia teriak memecahkan keheningan kelas..

“Duit gue hilang ! Duit gue hilang !”

Sontak aja semua orang nengok ke arah dia, termasuk gue.
Muka si Lestari ngeliatin kita semua sekelas dengan nanar “Ilang ! Duit gue ! ILANGG !”

Dalam beberapa menit, dia masih ngeliatin kita semua. Mungkin aja lagi nungguin simpati dari teman – teman sekelas untuk bilang “Ya udah kita gantiin, jangan sedih lagi yah… jangan sedih lagi”
Tapi, berhubung kita semua lagi fokus sama tugas yang masih banyak, jadi kita semua Cuma ngeliatin dia dengan muka yang penuh rasa ibah… Kemudian cuek satu sama lain.

Sambil mewarnai gambaran sesekali gue ngelirik ke arah dia. Lestari masih merogoh – rogoh tasnya dengan muka yang sudah berkaca – kaca.

Terus dia bilang lagi “Nggak ada ! DUIT GUE BENERAN ILANG !”

Gue terharu dan mulai merasa kasihan. Gue bangkit dari tempat duduk  lalu mau mendekati dia. Cuma mau kasih tahu aja, kalo masih ada teman yang care dan peduli sama dia di dunia ini.
Dia lalu membuka dompet dan bilang..

 “Ahhh !  ternyata ada !”
GUE LANGSUNG PENGIN NABOK !





Tari adalah tipe cewek pelupa yang sudah akut banget. Gue juga nggak tahu apa yang salah, padahal umurnya baru 19 tahun loh. Sebagai teman yang baik, gue nggak bakalan bilang kalau dia mengidap penyakit alzheimer atau semacamnya,  gue Cuma berkesimpulan sederhana… mungkin aja dia lupa bawa otak.
Gue sempat mikir gimana kalau suatu saat dia nikah dan dia lupa siapa suaminya. Di suatu pagi yang indah ketika dia bangun, dia akan teriak – teriak sama suaminya sambil megangin selimut “Siapa kamu? APA YANG SUDAH KAMU PERBUAT?”

Bahkan kepanikan Lestari tidak cukup sampai di situ. Saat semua tugas sudah selesai di kumpul, kemudian, dia teriak – teriak lagi.

“Crayon gue ! Crayon gue kurang satu !”

Gue cuekin aja. Gue yakin paling – paling juga lupa lagi. Atau emang dia nggak bawa crayon. Tapi ternyata crayon dia beneran ilang. Layaknya seorang emak yang kehilangan anaknya, dia langsung panik dan ngobrak ngabrik seisi kelas. Sampe – sampe semua anak – anak lain jadi korban dari keganasan dia. Setiap kali ada anak lain yang baru datang dia selalu nanya – nanyain crayon dia.

“Liat Crayon warna kuning gue nggak?”

Setiap kali ada anak – anak yang lagi ngumpul dia langsung menghampiri, tanpa mau peduli  apa yang sedang dibahas orang, dia bilang “Liat Crayon warna kuning gue nggak?”

Ada anak yang lagi lewat, dia nanya lagi “Liat Crayon warna kuning gue nggak?”
Padahal orang yang barusan dia tanya anak kelas sebelah.

Hal seperti ini pun dia lakukan ke gue. di suatu malam yang indah, disaat gue sudah ketiduran , tiba – tiba handphone gue bunyi. Ternyata dari Tari. Saat itu kira – kira pukul 23: 45 malam, waktu yang asoylah buat mimpiin Luna Maya.

“Tet.. tet” suara Tari terdengar lemah di seberang telpon.
“Kenapa?” jawab gue dengan sisa – sisa nyawa yang ada.
“Liat crayon kuning punya gue nggak?”
Gue matiin.

Tapi, bener apa kata pepatah. Dibalik sebuah kekurangan pasti ada sebuah kelebihan. Gue setuju banget. Hal lain yang paling gue suka selama mengenal lestari adalah dia teman yang asik buat diajak ngobrol. Gue ngerasa nyambung banget kalo lagi cerita sama dia. Apalagi ketika bahas tentang film. Terakhir film yang menjadi perdebatan kita adalah Ayat – ayat cinta, dan hal yang paling kita debatin adalah kenapa di film itu nggak ada adegan telanjangnya (Bukanlah perdebatan yang mendidik memang)

Dua hari setelah tragedy panas hilangnya sebuah crayon berwarna kuning itu, gue sempat punya problem. Cuma ada dua cara buat gue untuk ngelepasin beban yang ada di kepala. Kalo nggak nulis ya cedotin kepala di tembok. Dalam hal ini, gue memilih untuk cerita sama Tari.

Kenapa sama dia?

 Well, sebelumnya gue juga pernah curhat sama dia. Dari cara Tari merhatiin pas gue ngomong dan cara dia ngerespon omongan gue, kayanya dia tahu banget gimana caranya supaya orang lain merasa dihargai. Gue suka banget punya teman seperti ini.

Gue : “Gue tuh bingung deh” kata gue ke dia “ dibilang suka tapi gue nggak punya rasa apa – apa,       tapi pas dia nggak ada gue suka nyariin”

Dia : *Narok tangan di dagunya*

Gue : “Apa ini yang dinamakan cinta, yah? Tapi kalo cinta kok gue nggak deg – deg kan kalo dekat – dekat dia”

Dia : *Manggut – manggut*

Gue : “Jadi, gimana menurut lo? Gue harus gimana?

Dia : *Narik nafas sejenak*  “TET..” kata dia sambil megang pundak gue.

Gue : “iya?”

Dia : “Crayon gue sebenarnya di mana yah? Kok belum ketemu – ketemu”

Gue dongkol setengah mati.

Udah capek – capek ngomong, balik – balik ke crayon kampret itu lagi.
Gue berkesimpulan, Untuk saat ini kayanya gue jangan dulu ngobrol sama dia sebelum tu crayon ketemu. Bagi kalian, siapa saja di luar sanaaaa. Yang pernah ngeliat crayon warna kuning, entah itu crayon sedang tidur di jalanan atau lagi ngamen di lampu merah, tolong bilangin “DICARIIN SAMA EMAKNYA TUH !”







26 komentar:

  1. Itu ilustrasinya bikin sendiri? Lucu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, bikin sendiri pake aplikasi membuat komik :D

      Hapus
  2. Kampret bagian curhatnya gak banget :)) #ngakak
    Gw kira dia fokus dengerin ceritanya taunya masih tetep kepikiran krayonnya wakakakakaka...

    Belum lagi dibagian dia pelupa dan punya kemungkinan penyakit alzheimer (walopun agak ngeri juga dengernya) tapi pecah begitu ngebayangin dia lupa sama suaminya sendiri! gokil :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whehehe..
      Makasih yah Sophie udah baca :D

      Hapus
    2. Woles aja bro, gw kan fans tulisan elo :))

      Hapus
  3. wah...
    semoga nanti bisa ketemu deh...
    ckckkcck
    kesian juga km jd kena imbasnya.

    BalasHapus
  4. keren gan gambar karakternya, kepengen buat karakter sendiri...
    pengen juga buat komik strip kayak gitu #Inget #Parampaa #Ngampus

    BalasHapus
  5. hhahahaha ngakak, segitunga nyari crayon kuning, kasian banget elunya dicuekin gtu, hahaha
    jangan bilang kalau sampai sekarang dia masih nyari caryon kuningnya -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyang kadang - kadang gilanya kumat tu anak :D

      Hapus
  6. ini mah namanya udah akut..akut banget...yang buat cerita juga akut :P

    BalasHapus
  7. lucu bener...cerita gambaarnya :)

    BalasHapus
  8. wkwkwk sini deh aku kasih pinjem crayon warna kuning

    BalasHapus
  9. duh, aku ngakak maksimal baca ceritamu ini soal Tariii...:D
    bagus, kalau kamu bkin tulisan gini yaaa..kira kira 50 cerita bisa buat buku ngalahin Raditya Dika nih :D hehehe
    juga, komiknya unyuk bangeeet! :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..
      Aduh nggak mungin banget kalo gue bisa ngalahin Radit. Bahkan penulis yg udah punya buku pun belum tentu bisa, itu menurut gue sih :D

      Doain aja yah ada kesempatan untuk menuju ke sana :D

      Hapus
  10. kayaknya kmrn nemu di jalan deh! yg krayon kuning githu....
    perlu panggil kamu gak?

    BalasHapus
  11. kalo gue punya temen kaya gitu mungkin udah gue jadiin umpan piranha deh -_-

    BalasHapus
  12. waduuhh penyakit temennya it kurang lebih sama seperti ak deh hehe ms' iya bisa ilang gt aja tuh crayon;-D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah, kalo bgitu jangan sampe temanan sama Aseh Prakoso nanti dikasih umpan piranha kamu :D

      Hapus

Mau komentar?
Boleh.. boleh.. boleh !